Minggu, 31 Maret 2013

sistem manajemen


Sistem manajemen dapat di bedakan atas:
1.Manajemen Bapak(Paternalistic management)
2.Manajemen Tertutup(Closed management)
3.Manajemen Terbuka(Open management)
4.Manajemen Demokrasi(Democratic Management)
Uraian singkat  manajemen sebagai berikut:
1.Manajemen Bapak (Paternalistic Management)
Dalam sistem  manajemen bapak ini di artikan bahwa setiap usaha dan aktivitas organisasi para pengikut selalu mengikuti jejak bapak.Apa yang di katakan bapak itu adalah benar.
Kebaikan dari manajemen ini adalah jika pemimpin tetap pada proporsi yang benar,pekerjaan dapat dengan cepat di kerjakan,sehingga tujuan tercapai dengan baik.Kelemahan dari manajemen ini para bawahan menjadi orang orang yes mansaja,sehingga daya pikir dan kreatifitasnya tidak ada.
2. Manajemen tertutup(Closed Management)
Dalam manajemen tertutup , manajer tidak memberitahukan atau menginformasikan kadaan perusahaan kepada para bawahan walaupun dalam batas batas tertentu. Keputusan di ambil tanpa melibatkan partisipasi para bawahannya dalam proses mengambil keputusan tersebut.Kebaikan dari manajemen ini adalah mengambil keputusan cepat,karena tidak melibatatkan partisipasi bawahan dalam mengambil keputusan tersebut.Keburukan dari manajemen ini adalah problem dan pemecahan masalah yang di hadapi perusahaan hanya di hadapi manager.
3.Manajemen terbuka (Open Management)
Seorang manajer sebelum mengambil keputusan,terlebih dahulu memberikan kesempatan pada para bawahan untuk mengemukakan saran saran dan pendapatnya.manager mengajak para bawahan untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah masalah yang di hadapi. Kebaikan pada manajemen terbuka adalah para bawahan ikut serta memikirkan kesulitan kesulitan yang di hadapi organisasidan ikut memikirkan cara cara pemecahan masalah yang di hadapi dan mengembangkan usah usaha usaha perusahaan.Keburukan dari manajemen ini adalah mengambi lkeputusan lama,bertele tele dan biaya semakin besar.
4.Manajemen Demokrasi (Democratic Management)
Pelaksanaan manajemen demokrasi hampir sama dengan manajemen terbuka .Perbedaan antara lain terletak pada manajemen  demokrasi hanya dapat dilakukan dalam suatu organisasi,jikasetiap anggotanya mempunyai hak suara yang sama,seperti MPR,DPR,koperasi dan lain lain.Kebaikan manajemen demokrasi keputusan yang diambil relatif lebih baik ,karena di pikirkan dan diputuskan oleh orang banyak.Keburukan dari manajemen ini adalah biaya,waktu untuk mengambil keputusan cukup lama,bahkan bertele tele sebab pemikiran pemikiran para anggota tidak sama dan sering beradu argumentasi.Dilanjutkan dengan tulisan azas manajemen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar